Hebat! Kakek Ini Sudah Donorkan 378,5 Liter Darah Selama Hidupnya

Lake Park, Usianya memang sudah tak muda lagi, tapi semangat kakek ini untuk menolong orang lain tak mau kalah dengan anak muda. Selama 36 tahun menjadi pendonor, lebih dari 378,5 liter darah telah ia sumbangkan.

Harold Mendenhall (84) tak pernah melihat jarum yang masuk ke tubuhnya. Meski sudah melakukannya lebih dari 400 kali, kakek ini masih tidak ingin melihat jarum meluncur ke vena di bagian lengan kirinya saat perawat mengambil darah.

“Pastikan Anda memberi saya jarum yang tajam, jangan yang tumpul,” candanya kepada perawat saat melakukan donor darah, seperti dilansir Mypalmbeachpost, Senin (3/6/2013).

Di pusat darah ‘One Blood’ yang terletak di Northlake Boulevard, Lake Park, Mendenhall adalah bintang. Bulan lalu, kakek 84 tahun ini mencapai prestasi langka. Sejak tahun 1977, ia telah menyumbangkan lebih dari 100 galon atau 378,5 liter darah.

Mendenhall pertama kali mendonorkan darahnya pada 7 Juli 1977, yang bila disingkat menjadi 7/7/77. Tujuh baginya adalah angka keberuntungan. Di tahun itu juga istrinya didiagnosa menderita kanker payudara, yang mendasarinya untuk bisa menolong orang lain.

Tujuh tahun kemudian istrinya meninggal dunia. Mendenhall sempat menghilang dan berhenti mendonorkan darah. Setelah sang istri, ia pun harus kehilangan dua anaknya yang meninggal akibat komplikasi berbagai penyakit pada usia 47 tahun dan 53 tahun.

Tapi itu tak berlangsung lama. Ia kembali mendonorkan darah karena menurutnya menjadi donor adalah cara untuk mengatasi rasa sedih setelah ditinggal orang yang dicintai. Ia tidak bisa menyelamatkan nyawa istri dan anak-anaknya, tapi mungkin ia bisa menyelamatkan orang lain.

“Untuk beberapa alasan, saya masih di sini dan saya bersyukur. Itulah salah satu alasan saya terus menyumbangkan darah,” kata Mendenhall.

Selama 36 tahun, sudah ratusan orang yang ia tolong melalui darahnya yang bergolongan O positif. Tak hanya itu, ia juga menyumbangkan trombosit, standar emas dalam donor darah.

Satu pint (0,47 liter) darah utuh dapat menghasilkan 5-8 unit trombosit terkonsentrasi, faktor pembekuan darah. Pasien dengan kanker darah, seperti leukemia, sering membutuhkan transfusi trombosit.

Diekstraksi dalam proses yang disebut apheresis, donor trombosit seperti Mendenhall biasanya memberikan dua pint darah pada satu waktu. Darah berjalan melalui sebuah mesin yang memisahkannya menjadi komponen-komponen, termasuk trombosit, dan mengembalikan cairan kembali ke pasien.

Mendenhall datang setiap dua minggu sekali. Kemampuannya memberikan dua pint darah sekaligus adalah alasan Mendenhall hanya butuh 400 sumbangan untuk menghasilkan 100 galon darah.

“Ini seperti melakukan check-up setiap dua minggu. Rayakan kesehatan Anda dengan memberikan sebagian kepada orang lain,” pesan Mendenhall.

sumber: detikHealth

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s